Tiga Serambi Teater Q - LPM ARRISALAH

Tiga Serambi Teater Q

Share This

(Doc. Arrisalah)

(16/08) PBAK hari ketiga UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya diselenggarakan di fakultas masing-masing. Hal ini difungsikan agar mahasiswa baru (maba) lebih mengenal fakultas masing-masing.

Di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dilakukan promosi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Kesempatan promosi pertama oleh Teater Q.

Dengan mengambil konsep tentang kebinekaan, saat ditemui Hilmi Ketua Pelaksana Teater Q dalam promosi UKM atau UKK FSH menyampaikan alasan mengambil konsep tersebut karena dekat dengan momen 17 Agustus.

(Doc. Arrisalah)

“Konsepannya tentang Mempersatukan Kebinekaan Melalui Seni dan Budaya. Perbedaan di Indonesia ini bisa disatukan dengan seni dan budaya,” tuturnya.

“Kegiatan di dalam tidak hanya melihat-lihat  karya, namun diberi penjelasan terkait seni dan budaya termasuk terkait Teater Q,” lanjutnya.

Riri, salah satu anggota Teater Q menjelaskan bahwa karya seni yang dibuat adalah karya anggota Teater Q sendiri.

“Kami menggunakan kain sarung sebagai canvas dan cat tembok sebagai pengganti cat lukis.” jelasnya.

Teater Q mempersiapkan tiga ruangan yang memiliki isi berbeda. Di sana, maba mendapat pengenalan terkait karya-karya yang dimiliki Teater Q berupa sastra, seni rupa, dan seni pahat. 

Teater Q juga mempertunjukkan aksi teatrikal yang berisi penjajahan yang berkaitan di masa sekarang. Selain itu, di pintu keluar maba dimanjakan dengan wawasan sepurar Teater Q, seni dan budaya oleh senior Teater Q angkatan 2003, Koko.

Teater Q membutuhkan waktu untuk persiapan sekitar satu bulan. Sedangkan pembuatan properti dikerjakan selama kurang lebih 2 minggu.

Hilmi turut menjelaskan terkait tingkat kesulitan adalah ketika membangun setting di luar ruangan dengan cuaca di luar ruangan yang rawan angin kencang, karena properti yang mereka gunakan adalah kain.

“H-3 kita sudah melakukan pengkondisian tempat, jadi kita lihat mana saja yang perlu diberi keamanan lebih, ujar Hilmi. 

(Fat/Yaz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages