Kelas Kosong Saat Ramadhan, Dekan Instruksikan Kuliah Luring

 

Penjelasan Wadek I Perihal Nota Dinas Baru | Foto: Dokumentasi Arrisalah 

Arrisalah— 26/03/24 Dekan Fakultas Syari'ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengeluarkan Nota Dinas No. B-1904/Un.07/D/PP.00.9/03/2023 pada tanggal 18 Maret 2024 tentang teknis perkuliahan. Nodin tersebut menginformasikan bahwa perkuliahan tetap dilaksanakan sesuai kalender sistem informasi akademik (SINAU) secara tatap muka di kelas selama bulan Ramadhan. Sebagaimana diketahui bersama, area parkiran dan kelas fakultas syari'ah dan hukum Uinsa terlihat sepi pada awal bulan Ramadhan dikarenakan banyaknya prodi yang melangsungkan perkuliahan secara daring.

Dr. Muhammad Arif, M.A, selaku Wakil Dekan I mengatakan bahwa nodin tersebut adalah penegasan atas peraturan Surat Edaran Rektor No. 342 Tahun 2022 tentang teknis perkuliahan. "Memang bisa dikatakan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan itu banyak kelas daring. Padahal sudah jelas bahwa surat edaran rektor tahun 2022 dan Permendikbud No. 53 Tahun 2023 itu masih berlaku hingga sekarang. Jadi ya mari kita samakan persepsi dan jangan membuat aturan sendiri." ujarnya pada sesi wawancara.

Wadek I menambahkan bahwa tidak ada sanksi secara normatif bagi dosen yang melanggar ketentuan tersebut. Akan tetapi, beliau mengharapkan dengan adanya nodin tersebut bisa memperjelas kesimpangsiuran terkait teknis perkuliahan selama bulan Ramadhan.

"Saya pribadi tidak masalah dengan adanya ketentuan tersebut, karena rumah saya hanya 2 jam perjalanan dari UIN. Bisa naik bis, kereta, atau motor. Namun, bagi mahasiswa yang dari luar Jawa mungkin sedikit keberatan" Ujar Khiliyatus Saniyah, Salah satu mahasiswi prodi Perbandingan Mazhab.

Lebih lanjut, Wadek I berharap agar para mahasiswa tidak melangkahi kalender akademik yang berlaku. Tujuannya agar tidak merugikan diri sendiri. "Tanggalnya sudah jelas, libur dimulai pada tanggal 5 April dan masuk kembali pada 16 April. Maka, beli tiketnya disesuaikan, pulangnya disesuaikan". Imbuhnya di akhir sesi Wawancara.(Elly, Alfian)


Editor: Advy

0 Komentar