Melatih Kerja Sama dan Keahlian Pramuka Melalui LGTP3 - LPM ARRISALAH

Melatih Kerja Sama dan Keahlian Pramuka Melalui LGTP3

Share This

Arrisalah Newsroom - Sabtu (13/10) Suasana kampus UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) mendadak meriah dengan sahut-menyahut yel-yel dari barisan berseragam coklat khas Pramuka. Seperti itulah suasana meriahnya Lomba Giat Tangkas Pramuka Penegak Perkasa (LGTP3 III) 2018 yang diadakan oleh Pramuka UINSA.

Acara ini merupakan salah satu event bergengsi yang rutin digelar setiap tahun yang mempertemukan para anggota Pramuka dari berbagai sekolah setingkat SMA / MA sederajat untuk berlomba beradu ketangkasan dan keterampilan. Tidak hanya diikuti oleh peserta dari Surabaya saja, acara ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai sekolah di Jawa Timur. Para peserta tersebut memperebutkan piala bergilir dari Rektor dan Komandan Korem (Danrem).

Pada perhelatan LGTP3 tahun ini tercatat sebanyak 37 pangkalan atau sekolah yang ikut serta berpartisipasi, yang mana terbagi dalam 82 regu/ sangga. Pada masing-masing regu tersebut terdiri dari 10 orang.  Bisa dibayangkan begitu banyaknya peserta yang memeriahkan acara tersebut.

Menurut panitia, jumlah peserta yang mengikuti acara ini meningkat dari tahun sebelumnya. Dalam hal ini, panitia menyediakan masing-masing 40 kuota untuk regu / sangga putra dan putri. Untuk mengantisipasi membludaknya peserta, panitia memberikan kuota bagi tiap perwakilan sekolah / pangkalan yang mendaftar.

Berdasarkan penuturan Akhmad Fandik, Ketua Dewan Racana Pramuka UINSA, sekaligus penanggung jawab acara, pada LGTP3 tahun ini terdapat 6 perlombaan yang bisa diikuti oleh peserta, yakni Lomba Kedisiplinan Baris Berbaris (LKBB), Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Desain Poster, Reportase, Teknologi Tepat Guna (TTG), dan Pameran 3D.

“Alhamdulillah, minat dari para peserta se Jawa Timur meningkat drastis dari tahun sebelumnya, bahkan kita sampai membatasi jumlah peserta sebanyak 40 kuota masing-masing untuk sangga putra dan putri. Hal ini semata-mata karena mengingat begitu terbatasnya tempat yang ada di lingkungan kampus yang bisa digunakan untuk acara lomba” tutur Akhmad Fandik,

Acara dimulai sejak pukul 6.30 pagi, acara dibuka dengan upacara pembukaan di depan gedung Twin Tower. Dalam upacara pembukaan turut diisi dengan penampilan kesenian dari tim Majesty of Art yang berasal dari unit kesenian Pramuka UINSA. Selain itu ada juga penampilan flare yang mengundang decak kagum para peserta.

Menurut Fatimatuz Zahro, salah satu peserta lomba mengatakan bahwa acara tersebut sangat menarik dan menghibur sekaligus bisa dijadikan ajang berkompetisi mengasah kemampuan diri. Hal senada juga disampaikan oleh Rizki Saputri, peserta asal MA Nurul Islam Pungging, menurutnya lomba tersebut sangat baik untuk mengasah ketrampilan.

“Acara ini sangat menarik dan bermanfaat untuk mengasah keterampilan, namun sedikit masukan bagi panitia agar lebih mengkondusifkan dengan waktu sholat dan usahakan agar tidak terlalu mepet. Apalagi ini berada di lingkungan kampus Islam” tuturnya.

Semoga kedepannya acara LGTP3 bisa berlangsung lebih meriah lagi, mengingat begitu bermanfaatnya acara ini bagi pengembangan kemampuan softskill para anggota Pramuka. Salam Pramuka!. (Nadifa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages