Fenomena Gerhana Bulan Total, HMP Ilmu Falak Ajak Khalayak Umum Turut Serta dalam Pengamatan

Persiapan untuk pengamatan gerhana bulan di OASA UINSA | Foto: LPM Arrisalah

Arrisalah— Selasa, (8/11/22) Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Falak mengadakan Pengamatan Gerhana Bulan dan Pameran Astronomi Islam di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA) Lt. 10 Rooftop Twin Tower UINSA. Dalam kegiatan kali ini, HMP Ilmu Falak membuka kesempatan bagi khalayak umum untuk turut serta menyaksikan serta mendengarkan materi mengenai fenomena astronomi yang berkaitan dengan Islam. Kurang lebih sekitar 300 pengunjung yang hadir pada acara ini. 

Persiapan dimulai dari pukul 16.00 WIB dengan mempersiapkan beberapa teleskop serta alat-alat khusus. Namun sayangnya, teleskop raksasa masih belum bisa digunakan karena dikhawatirkan rusak, sebab membeludaknya pengunjung. 

"Dari data formulir itu yang mendaftar sebanyak 300 orang lebih, tetapi pada kenyataannya, jumlah peserta membeludak dari perkiraan," tutur Venda selaku Ketua Pelaksana dalam rangkaian acara tersebut. 

Namun, sayang sekali langit yang mendung membuat pengamatan gerhana bulan sedikit terganggu. Saat bulan memasuki fase puncak, bulan malah tertutup awan mendung. Bulan baru terlihat jelas sekitar pukul 18.57 WIB, dengan mata telanjang, dan bantuan teleskop.

Penampakan gerhana bulan | Foto: HMP Ilmu Falak

Tampak gerhana bulan dari teleskop | Foto: LPM Arrisalah

Acara berlangsung dengan tertib dan kondusif  hingga akhir, pengunjung antusias mengabadikan fenomena gerhana bulan yang sedang terjadi. Pun, pengunjung diperbolehkan melihat secara langsung dengan teleskop-teleskop yang telah tersedia.

Reporter: Caca, Advy


0 Komentar