Hanya Satu Calon Kandidat, Akankah Pemilu Raya DEMA-FSH Secara Aklamasi?

Timeline Pemira Mahasiswa Distrik FSH yang dikeluarkan oleh Kopurwadi FSH 2023

Arrisalah— Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, kini Pemilu Raya Distrik Fakultas Syariah dan Hukum akan kembali dilaksanakan pada 6 Januari 2023, jika menurut timeline yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Raya Mahasiswa Distrik (Kopurwadi) dan yang telah disosialisasikan. Tertera didalamnya, mulai dari:

  1. Sosialisasi dilaksanakan pada 2 Januari 2023.
  2. Pendaftaran dan pengumpulan berkas Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA pada tanggal 2-3 Januari 2023. 
  3. Verifikasi dan pengambilan nomer urut tanggal 4 Januari 2023. 
  4. Kampanye dan debat kandidat Paslon pada tanggal 5 Januari 2023. 
  5. Pemilihan Ketua dan Wakil ketua DEMA pada tanggal 6 Januari 2023.

Akan tetapi, dalam teknisnya terdapat beberapa kendala sehingga Pemilu Raya  terhambat. 

Mahmudin, selaku Sekretaris Kopurwadi, mengatakan bahwa perkembangan untuk pemilu raya ini masih terkonfirmasi 1 kandidat saja, yaitu dari Partai Revolusi Mahasiswa. Kandidat tersebut berasal dari Prodi Perbandingan Madzhab (PM) untuk Calon Ketuanya dan Wakilnya dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Jurnalis Arrisalah melakukan dialog via WhatsApp bersama Kopurwadi-FSH, hingga berita ini ditulis Kopurwadi masih menunggu berkas-berkas dari kandidat lainnya. Adanya satu kandidat ini, maka Kopurwadi akan berusaha menjalankan acara ini dengan sebaik mungkin, dan tetap dilaksanakan secara offline, sehingga sidang pleno Kopurwadi akan dilakukan secara aklamasi.

Mahmudin juga mengatakan bahwa ia tidak bisa memutuskan apabila terdapat kandidat yang terlambat mengumpulkan berkas. Mahmudin mengaku bahwa ia bukan merupakan anggota kepanitiaan Pemilu Raya pada tahun sebelumnya, sehingga ia kurang berpengalaman terkait kendala-kendala yang dimungkinkan terjadi ketika Pemilu Raya dilaksanakan.

“Saya akan memberikan pengawasan yang ketat untuk mengawal dan menertibkan kegiatan ini agar semuanya bisa lancar,” tegasnya. (Alfian, Nihal)

Editor: Caca

0 Komentar