Ketua DEMA Tidak Hadir, Wadek III Putuskan Pelantikan DEMA FSH Ditunda

Pelantikan Raya Fakultas Syariah dan Hukum
Pelantikan Raya Fakultas Syariah dan Hukum|Foto: LPM Arrisalah


Arrisalah— Pelantikan Raya Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Ampel Surabaya terlaksana pada Minggu, (12/2)  di Aula Gedung A Lantai 4 FSH dihadiri oleh jajaran pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) FSH, Dewan Eksekutif Mahsiswa (DEMA) FSH, Himpunan Mahasiswa Prodi, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)/ Unit Kegiatan Khusus (UKK). Pelantikan ini dibuka langsung oleh dekanat FSH. Meskipun, acara ini mengalami kemoloran kurang lebih selama satu jam.

Namun, saat pembukaan acara oleh Wakil Dekan III FSH, Dr. Mahir, M. Fil, I., ia mempertanyakan kehadiran Ketua DEMA FSH yakni  Achmad Rifan Farid dalam acara. Hal ini sontak membuat Wadek III meminta kepada Wakil DEMA FSH untuk segera memanggil Ketua DEMA FSH. Ketidakhadiran Ketua DEMA FSH dalam pelantikan ini turut menjadi sorotan peserta yang hadir. 

"Karena momen ini menjadi kesanggupannya menjadi seorang pemimpin, kalau tidak ngga usah," tegas Wadek III FSH.

"Secara de jure belum sah, ya walaupun secara de facto," tekan Wadek III pada ketidakhadiran Ketua DEMA FSH. 

Wakil DEMA FSH, Qotrunnada Laila Mufidah, menyampaikan bahwa Ketua DEMA telah meminta izin untuk tidak hadir, namun Wadek III menyatakan tidak ada pemberitahuan yang masuk padanya. Hingga pada akhirnya Wadek III meminta agar Ketua DEMA segera menghubunginya. 

"Kalian jangan main-main di dalam mengelola dan beraktivitas sebagai pemimpin di lembaga yang megah ini," ucapnya.

Diakui dari beberapa peserta yang hadir dalam pelantikan seperti dari UKM, menyatakan bahwa pelantikan kali ini berbeda dari yang sebelumnya. Beberapa pengurus dari elemen selain DEMA juga dipertanyakan kehadirannya. Hingga pada akhirnya, pengurus yang tidak hadir di tempat tetap mengikuti acara dengan disumpah jabatan melalui Google Meet secara daring.

"Mohon maaf, untuk klarifikasinya kita bukannya membatasi untuk tidak boleh ikut semua, tetapi terkendala ruangan itu. Jadi nanti kami dari SEMA akan mengomunikasikan ke dekanat untuk ditindaklanjuti," ujar Arief Firmansyah, Sekretaris SEMA FSH, menanggapi keputusan yang dibuat oleh Wadek III.

Hal serupa disampaikan oleh Asrori Ibrahim, Koordinator Komisi I SEMA FSH, "Ada beberapa kendala tadi misalnya tidak adanya pelantikan Ketua DEMA tidak mengikuti hadir karena ada beberapa kendala dan tidak ada konfirmasi menjadi sebuah pertanyaan yang besar pula."

Pada (12/2) jurnalis Arrisalah melakukan wawancara via WhatApp dengan Ketua DEMA FSH menanyakan terkait penundaan pelantikan DEMA karena ketidakhadirannya. 

"Saya izin melalui WA tepatnya hari Rabu lalu," tulisnya singkat.

Meski demikian, pelantikan DEMA FSH tetap ditunda dan diperkirakan akan dilaksanakan pada Minggu, (19/2).(Caca)

0 Komentar