Jadi Tuan Rumah AICIS 2023, UINSA Tuai Respon Positif Mahasiswa

Sambutan dari Gubernur Jawa Timur di acara AICIS 2023 yang ada di UINSA Kampus A. Yani

Arrisalah— Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menjadi tuan rumah AICIS (Annual International Conference on  Islamic Studies) tahun 2023 ini. Pembukaan di Hari pertama pada Selasa, 2 Mei yang bertempat di Gedung Sport Center UINSA Kampus A. Yani sesak terisi penuh oleh mahasiswa dan para tamu undangan yang hadir dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga lainnya. 

Hadirnya Yaqut Cholil Qoumas selaku Kementerian Agama RI dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansa menjadikan persiapan UINSA sebagai tuan rumah dimatangkan selama 2 bulan sebelum acara. Waktu yang terbilang singkat, di mana biasanya tuan rumah AICIS menyiapkan acara tersebut selama satu tahun, dalam 2 bulan yang dipotong oleh hari Raya Idulfitri tersebut UINSA berhasil mempersiapkan serangkaian acara, dan tempat, serta berhasilnya acara aicis secara optimal. Hal tersebut yang disampaikan oleh Bu Khofifah selaku Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya.

"Saya mengikuti AICIS ini memang pertama diundang oleh panitia, namun saya memang tertarik dengan kegiatan ini karena saya juga dosen di Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sumatra Utara, saya kira ada sesi-sesi dalam acara ini yang penting untuk dijadikan masukan dan motivasi untuk membangun pemikiran-pemikiran hukum Islam kedepannya. Untuk kesan saya acaranya bagus, mulai dari penataan dan pemilihan tempatnya, pelayanannya, juga saya bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan teman-teman PTKIN maupun PTKIS yang ada di Indonesia untuk mempererat kekeluargaan bukan hanya pertemuan ilmiah," ujar Dzulkarnain Nasution, seorang dosen UIN Sumatra Utara mengenai motivasi dan kesan pesan yang didapat setelah mengikuti AICIS di UINSA.

Acara ini juga diberi tanggapan positif oleh mahasiswa, "Wah tentunya tidak menyangka UINSA bisa menunjukkan potensi dari mahasiswa dan mahasiswi nya lewat pertunjukan-pertunjukan yang ditampilkan dalam acara pembukaan, good job team!" ucap Jagadhita, mahasiswa Hukum UINSA.

Hal serupa disampaikan oleh Novi Rahmawati mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah, "Saya sebagai mahasiswi UINSA pastinya sangat bangga bahwa AICIS 2023 ini diselenggarakan di kampus UIN sendiri dan saya sangat mengapresiasi beberapa penampilan yang telah di tampilkan oleh teman-teman baik dari PSM ataupun penari lainnya yang ikut serta memeriahkan AICIS 2023 kali ini."

Acara pembukaan AICIS kemudian ditutup oleh Stand Up Comedian yang sedang naik daun karena tema komedi nya yang bernuansa agama yakni Boris Bokir. (Alfian)

Editor: Caca

0 Komentar