LBH Surabaya Gandeng Anak Muda Turut dalam Audit Sosial Pengadaan Barang dan Jasa di Jawa Timur

Youth Integrity Center dalam pelatihan audit sosial | LPM ARRISALAH
Youth Integrity Center dalam pelatihan audit sosial | Sumber: Dokumentasi LBH Surabaya

Arrisalah— Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya mengajak pemuda untuk turut serta memantau Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan dalam ranah memaksimalkan jalannya Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan kontrol sosial terhadap kebijakan hingga transparansi anggaran pembangunan yang seringkali masyarakat luput untuk tidak disertakan dalam prosesnya.

Diawali dari konsolidasi pada 26-27 Juni 2023 kemudian disusul dengan pembentukan Youth Integrity Center (YIC) dan dilakukanlah pelatihan audit sosial bagi pemuda yang tergabung di dalamnya pada 14-15 Agustus 2023. 

Pelatihan ini merupakan bentuk peningkatan kapasitas dari pemuda terkait pemahamannya terkait sistematika melakukan audit sosial. Dalam pelatihan ini melibatkan setidaknya 15 orang pemuda.

"Anak muda seringkali dianggap remeh, kita memandang kelompok milenial gen Z saat ini perlu dilibatkan karena mereka nanti yang akan menikmati proyek PBJ dan bisa jadi mereka terdampak ke depannya," ucap Moh. Sholeh selaku Kepala Divisi Riset, Pengembangan, dan Kerjasama LBH Surabaya.

Kegiatan ini LBH Surabaya menggandeng Transparency International Indonesia (TII) serta dalam pelatihan peserta aktif mempraktikkan secara langsung pemantauan pengadaan publik dengan pendekatan sosial audit dengan menggunakan berbagai kanal seperti LPSE, INAPROC, SiRUP, dan SIKaP.

"Hal-hal seperti ini tidak dipelajari di prodiku banyak hal baru yang kupelajari. Bagaimana cara perencanaan kebijakan, cara mengaudit, apalagi bagi masyarakat yang tidak bersentuhan langsung dengan pemerintah dan sektor-sektor yang bekerja sama dengan pemerintah untuk pengadaan," ucap Zora, peserta pelatihan dari Lembaga Pers Mahasiswa Mercusuar Universitas Airlangga.

Dari berbagai macam background peserta, pelatihan seperti ini tentu sangat penting. Pun, nantinya YIC akan tetap berlanjut untuk langsung melakukan pemantauan terhadap suatu proyek di Jawa Timur dan masih tetap mendapat bimbingan dari LBH Surabaya. (Caca)

Editor: Advy


0 Komentar