Teater Q Sukses Gelar Pentas Perdana Anggota Baru

Pentas Teater Q Angkatan 23 | Foto: Dokumentasi Arrisalah


Arrisalah— Jumat (8/03/2024) Teater Q, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH) UINSA sukses adakan pentas perdana anggota baru di Gedung Auditorium, UINSA Kampus 1. Drama teater yang disutradarai oleh Ajeng Kusumaning Tyas ini dimulai pada pukul 19.20 WIB. Pentas yang berjudul “Jeng Menul”, adalah naskah drama yang ditulis oleh Puthut Buchori, “Beliau adalah seorang penulis drama komedi terkenal dan sudah meninggal. Naskah jeng menul yang kami bawakan ini adalah hasil saduran tim kami untuk menyesuaikan kondisi zaman dan karakter serta kemampuan anggota baru kami.” ujar Sutradara. 


Lebih lanjut, sang Sutradara mengatakan bahwa Semua anggota angkatan 2023 turut serta dalam pementasan meskipun tidak semuanya berada dipanggung. Beliau menjelaskan bahwa pentas teater bukan hanya tentang pemain diatas panggung, tapi juga dibalik panggung. Adapun Proses Pelatihan pementasan tersebut memerlukan waktu sekitar 3 bulan demi menyesuaikan karakter pemain hingga terbiasa dalam berakting.

 

“Acaranya sangat seru sekali, banyak hikmah yang bisa diambil.” ucap antusias dari salah satu penonton. Namun, kendati demikian ada pula penonton dari Madura yang mengaku tidak memahami maksudnya dengan dalih bahasa Jawa.

Sang Sutradara menyatakan bahwa pemilihan bahasa Jawa tersebut mempertimbangkan kemampuan dari anggota baru kami yang lebih mahir menggunakan bahasa Jawa. Dengan begitu mereka bisa leluasa untuk improvisasi di panggung.


Tanggapi respon positif tersebut, Pimpinan Produksi, Ajeng Ayu Maghfirah mengaku senang dan berterima kasih atas respon positif dari penonton. Beliau menambahkan bahwa suksesnya acara banyak mendapatkan bantuan oleh teman-teman teater angkatan 22 dalam mengkonsep panggung. 

"Harapannya ke depan, teater Q bisa terus berkembang lebih baik, kompak dan dapat membuat pentas seni yang lebih besar lagi" tambah Ayu.(Akmal, Ayu, Mei, Erij)


Editor: Elly








0 Komentar