Persiapan Diesnatalis FSH ke-59, Rapat Perdana Resmi Digelar

Rapat Perdana Panitia Diesnatalis di Gedung A FSH lt 4 | Foto: Dokumentasi Panitia Diesnatalis 

Arrisalah— Panitia Diesnatalis Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH) ke-59 tahun 2024 melangsungkan rapat perdana di lt 4 Gedung A FSH pada hari Jumat (31/05/24) pukul 09.00 WIB. Rapat ini dilakukan dalam rentang waktu 4 hari setelah penutupan open rekrutmen yang telah terlaksana pada 27 Mei 2024. Para panitia yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dari berbagai prodi di FSH yang juga tergabung dalam setiap HMP dan UKM Fakultas Syari'ah dan Hukum. 

Junaidi, selaku Ketua Pelaksana Diesnatalis, mengatakan bahwa jumlah keseluruhan pendaftar adalah 136 mahasiswa. Kemudian setelah dilakukan filterisasi hanya tersisa 56. "Acara ini kan kegiatannya Fakultas Syari'ah, jadi kami mengutamakan agar panitia kegiatan berasal dari perwakilan setiap prodi, HMP dan UKM yang ada di FSH" Ujar Junaidi.

Acara Diesnatalis FSH yang ke-59 mengusung tema "transformasi keilmuan untuk Fakultas Syari'ah dan Hukum Berkelanjutan".

"Filosofi tema ini adalah bagaimana agar keilmuan yang ada di FSH itu bertransformasi dan bergerak menuju ke arah yang lebih baik. Bila standar kita 70% kita berharap naik menjadi 90%. Karena perlombaan yang direncanakan menunjang potensi akademik maupun non akademik mahasiswa, supaya grade FSH nantinya naik sehingga menjadi fakultas idaman yang diidam-idamkan." Kata Junaidi.

Kegiatan yang dipelopori oleh dekanat ini sempat terhenti selama 8 tahun lamanya. Terakhir kali acara ini terselanggara pada Oktober tahun 2016. Meskipun kepanitiaan pada kegiatan ini digarap oleh mahasiswa, namun juga tetap melibatkan dua dosen FSH sebagai pembinaannya, yakni Mohammad Bagus, M.H. dan Elva Imeldatur Rohmah, S.H.I., M.H.

"Persiapan kegiatan masih belum jauh, hari ini malah saya baru bertemu kepanitiaan yang telah dibentuk setelah seleksi kemarin. Idealnya kegiatan disiapkan 3 bulan, tapi ini lebih lama karena memang sangat banyak kegiatan yang perlu disiapkan." Ujar Mohammad Bagus, selaku dosen pembina Diesnatalis.

Mohammad Bagus juga mengatakan bahwa jenis kegiatan acara Diesnatalis ini secara umum terbagi menjadi dua: Pertama kompetisi atau perlombaan. Kedua, festival. Adapun Festival akan diselenggarakan pemilihan duta Fakultas, bazar makanan dan bazar buku. Nantinya teman-teman akan kerja sama dengan penerbit buku. 

"Untuk kompetisi terbagi jadi 2: akademik dan non akademik. Karena objeknya bukan hanya mahasiswa, tapi juga dosen, atau syukur-syukur OB bisa ikut." tambahnya. 

Daftar perlombaan sementara yang terkonfirmasi adalah esai ilmiah, debat hukum, pidato bahasa inggris dan arab, dan orasi ilmiah. Perlombaan non akademik yakni futsal, bulu tangkis, dan tenis meja.

"InsyaAllah kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 16-24 Oktober mendatang" terang Junaidi.

Lebih lanjut, Muhammad Bagus berharap kepada seluruh panitia supaya bekerja semaksimal mungkin, dan seluruh civitas akademika dapat turut serta memeriahkan acara tersebut.(Alfian)


Editor: Elly 



0 Komentar